Laman

Senin, 13 Januari 2014

Proses pembuatan jenang apel di Kusuma Agrowisata



Proses pembuatan jenang apel dimulai dengan pencucian apel, yang dilanjutkan dengan penusukan untuk dibuang bijinya. Setelah dibuang bijinya, apel kemudian diparut dan disaring dengan menggunakan mesin. Apel yang sudah diparut diberi garam kemudian dimulai proses perselaian dengan memasukkan parutan apel tadi ke dalam wajan yang telah dipanaskan dan telah diberi minyak goreng. Pemanasan pertama menggunakan api yang besar, bertujuan untuk menguapkan kadar air yang terdapat di buah apel. Apabila kadar air tidak diuapkan akan berpengaruh pada proses penjenangan dan daya simpan apel. Setelah air menguap, kurang lebih satu jam yang ditandai dengan keadaan selai yang agak kering, kemudian dimulai proses penjenangan dengan menambah tepung ketan. Dalam penambahan tepung, api dikecilkan agar tidak terjadi gosong. Apabila sudah tercampur, api dibesarkan dan jenang diaduk-aduk selama kurang lebih satu jam.
Tahap selanjutnya adalah pemberian gula. Dalam penambahan gula, api dikecilkan karena gula mudah sekali gosong dan untuk mempermudah pencampuran. Satu jam kemudian ditambahkan asam citrat yang bertujuan untuk mempertajam rasa apel dan diaduk selama setengah jam. Setelah itu ditambahkan susu cair yang bertujuan untuk memberikan rasa gurih pengganti penggunaan santan, dan diaduk selama satu jam. Proses selanjutnya adalah pemberian pressol yang merupakan bahan pengawet. Setelah diaduk selama setengah jam, adonan jenang tersebut ditambahkan gula merah yang berfungsi sebagai pewarna yang kemudian diaduk hingga merata selama satu jam. Penambahan terakhir dari proses penjenangan ini adalah pemberian essence kelapa dan diaduk sampai merata selama setengah jam. Jenang dapat diangkat apabila jenang sudah tidak lengket di wajan.

Jenang yang sudah masak didiamkan selama satu hari. Kemudian dilakukan pengemasan, sebelum dikemas terlebih dahulu dicetak lalu dibungkus dan setelah itu diberikan tanggal kadaluarsa untuk tiga bulan.

Apel
Pencucian, penusukan
Pencucian,pemarutan,penyaringan
Proses perselaian
Penambahan tepung ketan,gula pasir,as.citrat, susu,pressol,gala merah, essence
Pengemasan
Penyimpanan
 










Bagan 5.3.1. Proses Produksi Jenang Apel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar